Translate :

Home / All Dreams / Islah

Minggu, 5 Juni 2022 - 16:43 WIB

Apa Itu Syirik? Bagaimana Awalnya? Bentuk-Bentuk Syirik di Zaman Modern dan Cara Menghindari Syirik

بسم اللہ الرحمن الرحیم

السلام علیکم ورحمتہ اللہ وبرکاتہ

Mimpi Muhammad Qasim bin Abdul Karim,

Apa Itu Syirik?

Syirik adalah menyekutukan orang lain dengan esensi atau sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, atau menganggap seseorang setara dengannya, atau menghormati atau menaati seseorang dengan cara yang sama seperti yang dilakukan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagai contoh; Mempertimbangkan segala jenis ibadah yang diperbolehkan bagi orang lain selain Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu mendirikan shalat, atau berpuasa, atau menyembelih atau meminta pertolongan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala juga disebut syirik.

Misalnya meminta bantuan kepada orang yang di dalam kubur atau untuk menyerunya, atau menyeru orang yang tidak ada untuk membantu dalam suatu hal yang tidak ada kuasanya selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ini adalah setiap tindakan lisan atau perbuatan di mana Syariah telah menerapkan deskripsi syirik. Misalnya bersumpah dengan selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Nabi terakhir Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa bersumpah dengan selain Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah kafir atau syirik.”

PAMER

Pamer juga termasuk ke dalam syirik. Pamer adalah melakukan sesuatu, bukan untuk Allah SWT tetapi hanya untuk ditunjukkan kepada orang lain.

Kisah Nabi Ibrahim AS dalam Surah Al-An’am dalam Al Qur’an sangat instruktif dan membesarkan hati.

Adapun dalil dalam Al-Quran:

Kami juga menunjukkan Ibrahim (AS), keajaiban langit dan bumi, sehingga dia akan yakin dalam iman. Ketika malam mulai gelap, dia melihat sebuah bintang dan berkata:“Inilah Tuhanku!” Tetapi ketika itu terbenam, dia berkata: “Saya tidak menyukai hal-hal yang terbenam.”

Kemudian ketika dia melihat bulan terbit, lalu dia berkata: “Ini adalah Tuhanku!” Tetapi ketika hilang, dia berkata: “Jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pasti aku termasuk orang yang sesat.”

Ketika dia melihat matahari bersinar, dia berkata: “Ini pasti Tuhanku, ini yang terbesar!” Tetapi sekali lagi ketika matahari terbenam dia menyatakan, “Wahai umatku!” Saya benar-benar menolak apa pun yang Anda persekutukan dengan Allah SWT dalam ibadah.

“Aku (Ibrahim) menghadapkan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dalam keadaan tegak dan aku bukan termasuk orang musyrik.” (Surat Al-An’am, 6:75-79)

Bagaimana Syirik Dimulai?

Gambar bisa berupa Syirik (Polytheisme). Karena orang pertama  yang tergolong masuk kemusyrikan melalui gambar dan patung yang sama dengan ciptaan Allah SWT.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an:

Dan mereka berkata, ‘Jangan pernah tinggalkan Tuhan-tuhanmu dan jangan pernah tinggalkan Wadd atau Suwāʿ atau Yaghth dan Yaʿūq dan Nasr.'” (Surah Nuh, ayat 23)

Ibn ‘Abbas RA menjelaskan ayat ini dalam Tafsirnya (penjelasan ayat-ayat Al-Qur’an) bahwa: “Ini (Patung) adalah nama-nama beberapa orang saleh pada zaman Nuh (AS). Ketika mereka mati, Setan mengilhami orang-orang mereka untuk menempatkan gambar di tempat-tempat di mana mereka biasa duduk. Dan untuk memanggil gambar-gambar itu dengan nama mereka. Orang-orang melakukannya, tetapi patung-patung itu tidak disembah sampai orang-orang itu (yang memprakarsainya) meninggal, sehingga asal-usul patung-patung itu menjadi tidak jelas, di mana orang-orang mulai memujanya.” (Shahih Bukhari, 4920).

Apa Pentingnya Menghindari Syirik?

Pesan pertama yang Allah Subhanahu wa Ta’ala telah kirimkan kepada umat manusia melalui semua Nabi adalah “La Ilaha Illa Allah” yang artinya“tidak ada Tuhan selain Allah” ini di sebut Tauhid.

Tauhid artinya Allah SWT itu satu dan tidak ada yang berbagi. dalam esensi dan atribut-Nya.

Lawan dari Tauhid (tauhid) adalah syirik, adapun syirik berarti “menyekutukan siapa pun dengan Allah SWT, dan Allah SWT tidak akan pernah memaafkan dosa syirik.”

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni yang mempersekutukan-Nya (dalam ibadah), tetapi mengampuni yang lain dari siapa saja yang Dia kehendaki. Dan barang siapa menyekutukan Allah, maka sesungguhnya dia telah melakukan dosa besar.” (Surat An-Nisa, 4:48)

Al-Mubasyirat mimpi  Muhammad Qasim 

Baca Juga:  Pemerintahan Imran Khan Gagal Mereformasi Pakistan?

Muhammad Qasim bin Abdul Karim memiliki banyak mimpi dimana Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Nabi terakhir Muhammad ﷺ memerintahkannya untuk mengikuti jalan yang lurus dan apa yang harus dihindari. Yang paling penting adalah syirik!

Muhammad Qasim menekankan bahwa “Kita harus menghindari syirik dan bentuk-bentuknya sebisa mungkin karena ini adalah kunci keberhasilan kita.” Di dunia ini juga di akhirat.

Dan jika kita ingin keluar dari kegelapan dan kesesatan, kita harus membersihkan syirik dan bentuk-bentuknya dan mendorong orang lain untuk menghindarinya juga. Allah SWT telah menginstruksikan Muhammad Qasim berkali-kali bahwa pada Hari Kebangkitan, saya akan mengampuni setiap dosa, tetapi saya tidak akan mengampuni syirik.”

Bentuk-Bentuk Syirik di Zaman Modern dan Pencegahannya

Di zaman sekarang, mengenal dan menghindari syirik menjadi sangat sulit. Maka sangat disayangkan bahwa di zaman modern ini, syirik dan bentuk-bentuknya merajalela di mana-mana.

Bahkan dalam mimpi pun, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatakan kepada Muhammad Qasim bahwa, “Sejak dunia ini diciptakan, belum pernah dipenuhi oleh syirik seperti (zaman) sekarang ini.”

  • Syirik yang sering terjadi adalah penggunaan gambar-gambar yang tidak perlu, seperti gambar yang terdapat pada produk makanan dan bahan-bahan lain yang digunakan sehari-hari. Contoh: “minuman, susu, yogurt, shampoo, dan barang-barang konsumsi pria dan wanita lainnya yang memiliki gambar di atasnya.”
  • Papan reklame besar di berbagai tempat di kota-kota yang memuat gambar binatang atau makhluk bernyawa yang seharusnya tidak perlu digunakan di atasnya.
  • Demikian pula, syirik (politeisme) juga tersedia dalam film-film di mana dewa-dewa palsu dan kekuatan palsu mereka atau perbuatan jahat lainnya ditampilkan, seperti sihir, untuk mewujudkan manusia biasa bisa jadi sangat kuat. Itu juga salah satu bentuk syirik.
  • Jika Anda melihat gambar di papan iklan, jangan melihatnya dan memutar mata Anda dan katakan, “Subhanallah” artinya Allah SWT itu suci dari apa yang saya lihat dan tidak ada sekutu bagi Allah SWT .
  • Saat Anda melihat patung di taman, toko, atau tempat lain, putar mata Anda dan jangan melihatnya. Jika Anda menonton film dan itu menunjukkan dewa palsu, jangan menonton dan mematikannya.
  • Lalu jika ada gambar makhluk hidup di kamar atau di dinding, singkirkan.
  • Kemudian saat memiliki mainan untuk anak-anak Anda, jauhkan dari pandangan Anda atau sembunyikan di lemari setelah mereka berhenti bermain.
  • Anda memiliki gambar atau patung kecil di dalam rumah, buang atau sembunyikan juga.
  • Saat memiliki krim, parfum, atau barang kecantikan lainnya, serta logo beberapa merek, dibuat dengan gambar makhluk hidup, maka sembunyikan gambar itu dengan selotip atau spidol karena Anda akan perlu menggunakan ini, selama beberapa minggu.
  • Bahkan jika Anda memiliki ‘Bubble Gum’ di saku Anda yang berisi gambar di atasnya, jangan memasukkannya ke dalam saku Anda, segera buka pembungkusnya yang terdapat gambar lalu buang di tempat sampah.

Jangan pernah mengatakan atau menulis tentang seseorang bahwa dia adalah satu-satunya harapan kita, tetapi katakan bahwa harapan itu hanya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dan tidak ada salahnya menyimpan gambar di ponsel, laptop, atau komputer karena tidak terlihat tetapi juga disembunyikan dalam folder di komputer. Tetapi jika ada gambar di wallpaper desktop atau gambar profil Anda, ubah atau hapus karena Anda akan melihatnya setiap saat jika tidak perlu, dan tidak perlu melihatnya.

Anda dapat mengambil foto diri Anda atau anak-anak Anda secara digital atau dengan kamera, tetapi juga menyembunyikannya dan membukanya hanya jika diperlukan.

Baca Juga:  Perang Sesama Muslim Akan Terjadi Jika Menolak Mimpi Muhammad Qasim

Jika Anda pergi ke rumah teman dan ada gambar di rumah atau kamarnya, jangan memaksa untuk menghapusnya tetapi jangan melihatnya karena rumah itu bukan milik Anda dan Anda tidak bertanggung jawab untuk itu. Tentu saja, jika teman Anda ingin belajar tentang syirik dan mereka menghapus sendiri gambar-gambar itu, tidak apa-apa. Tapi jangan paksa mereka.

Demikian pula, orang menyimpan pot di kebun mereka yang merupakan patung atau berhala binatang atau manusia. Anda tidak boleh menyimpan patung-patung seperti itu di rumah Anda dan jika, seseorang memiliki pot seperti patung ini di dalam rumahnya, jangan melihatnya.

Film India selalu dimulai dengan idola, atau patung, atau gambar dewa palsu, atau penyembahan berhala ditampilkan selama film. Film juga memiliki dunianya sendiri. Dan pemilik dunia ini adalah juga Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan tidak ada orang lain yang dapat diasosiasikan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala atau ditampilkan di dalamnya, meskipun itu hanya sebuah film.

Terkadang kita harus mematuhi undang-undang yang diberlakukan Pemerintah di mana gambar diperlukan. Dalam hal ini, gambar diperbolehkan. Seperti gambar pada rupiah dan dolar, serta memiliki foto di paspor dan KTP, dan dalam hal ini, Anda dapat menyimpannya di saku Anda

Apabila seseorang memiliki masalah kesehatan dan ada gambar pada paket obat, dia bisa menyimpannya di sakunya. Tapi kita seharusnya tidak memiliki foto yang tidak perlu di saku kita.

Kita juga perlu memastikan bahwa pakaian kita, gorden jendela kita, tempat tidur kita, handuk kita, permadani kita, dan bahkan sajadah kita tidak memiliki gambar makhluk hidup (bernyawa) apa pun di atasnya.

Gunakan jaenamaz (sajadah) dengan cetakan atau desain sederhana. Terkadang terlalu banyak bunga atau bentuk cetakan lainnya di Musala atau jaenamaz (sajadah), dan seringkali terlihat seperti gambar jiwa (makhluk bernyawa) yang hidup, jadi jangan gunakan jaenamaz (sajadah) seperti itu.

Dalam kehidupan sehari-hari Anda, setiap kali Anda melihat gambar atau berhala atau patung, alihkan pandangan Anda darinya dan katakan “Subhanallah.”

Do’a untuk Perlindungan Dari Syirik dalam Hadits

Hazrat Maqil ibn Yasar RA berkata: Saya datang bersama Abu Bakar Siddiq RA untuk mengabdi kepada Nabi terakhir Muhammad SAW.

Nabi terakhir Muhammad SAW berkata: “Wahai Abu Bakar! Syirik (politeisme) tersembunyi di antara orang-orang seperti semut hitam [di batu hitam di malam tanpa bulan].”

Abu Bakar Siddiq Akbar RA bertanya: “Apakah ada syirik di sisi Allah SWT selain beriman kepada Allah SWT?”

Nabi terakhir Muhammad berkata: “Aku bersumpah demi kasta yang jiwaku dimiliki, syirik (politeisme) lebih tersembunyi daripada semut hitam [di batu hitam di malam tanpa bulan].

Bolehkah saya memberi tahu Anda sebuah doa yang dengannya Anda dapat selamat dari setiap syirik, besar atau kecil? Katakanlah:

الَّلهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وأَنا أَعلَمُ وأَستَغفِرُكَ لما لا أَعلَمُ

Allahumma inni audhu bika an ushrika bika wa ana alamu wa astaghfiruka lima la a`lamu

(Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sengaja, dan aku memohon ampunan-Mu atas apa yang tidak aku ketahui) (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad (739), dan shahih oleh Al- Albania)

Tragedi kita saat ini adalah bahwa tidak ada kepala negara Muslim mana pun yang peduli untuk menghindari syirik, dan mereka bahkan tidak menciptakan kesadaran tentangnya.

Satu-satunya cara untuk mengeluarkan umat Muslim dari kegelapan dan mendapatkan kembali statusnya yang hilang adalah dengan menyingkirkan syirik, Insya Allah! Semoga Allah membantu kita untuk menghindari semua jenis syirik. aamiin

والسلام علیکم ورحمۃ اللہ وبرکاتہ

Baca Juga

All Dreams

Pemimpin Dunia dan Masa Kejayaan Islam
Gambar Ilustrasi 49

All Dreams

Hukuman Allah ﷻ Dan Pencarian Tempat Yang Aman
Gambar Ilustrasi 24

All Dreams

Sistem Presidensial Islami Terbentuk Setelah Imran Khan
Gambar Ilustrasi 81

All Dreams

Nabi Muhammad ﷺ, Para Sahabat dan Muhammad Qasim Bin Abdul Karim

All Dreams

Batas Waktu Terjadinya Hari Kiamat dan Tanda-Tanda Besar Hari Kiamat
Gambar Ilustrasi 51

All Dreams

Sihir Dajjal dan Kelalaian Umat Muslim
Gambar Ilustrasi 96

All Dreams

Teknologi Setan Dan Permasalahan Muslim
Gambar Ilustrasi 98

All Dreams

Janji Allah ﷻ dan Pendirian Kota Yang Menakjubkan