Translate :

Home / Uncategorized

Rabu, 5 April 2023 - 22:44 WIB

HDCM Ketiga China-Indonesia bicarakan perluasan kerja sama strategis

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) bersama Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) Zheng Shanjie (kanan).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) bersama Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) Zheng Shanjie (kanan).

BEIJING – Pertemuan Ketiga High-level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) yang digelar Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Partai Komunis China Wang Yi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan di Beijing, Selasa (4/3), membahasa perluasan kerja sama strategis kedua negara.

China siap memperdalam lebih lanjut kerja sama dengan Indonesia yang meliputi bidang politik, ekonomi, budaya, kemaritiman, dan saling mendukung pembangunan di kedua negara demi terciptanya kemakmuran regional, demikian pernyataan Wang sebagaimana dirilis Kementerian Luar Negeri China (MFA), Rabu.

Dalam menandai 10 tahun Prakarsa Sabuk Jalan (BRI), Wang menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama yang digagas Presiden China Xi Jinping pada 2013 itu hingga level lebih lanjut.

Baca Juga:  WARNING !!! Perang Pecah Asia, China 'Masuk' Taiwan

Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) itu juga menyerukan kedua negara memperkuat kerja sama di bidang keuangan, ekonomi hijau, ketahanan pangan, perdagangan dan investasi.

“China dan Indonesia seharusnya juga meningkatkan kerja sama pertahanan, penegakan hukum, pertukaran antar-masyarakat, dan memperdalam rasa saling percaya,” ujar Wang.

Terkait dengan Prakarsa Peradaban Global (GCI), dia menyampaikan keinginannya untuk saling mempelajari peradaban dengan Indonesia dan mendorong pemerintah, partai politik, parlemen, dan lembaga non – pemerintah di kedua negara untuk berperan positif dan mengintensifkan diskusi antar-peradaban masyarakat.

Sementara itu, Menko Luhut menganggap China sebagai mitra strategis dan Indonesia ingin bersama China membangun Jalur Sutera Maritim dengan kualitas yang lebih bagus.

Baca Juga:  Rusia Sangat Prihatin atas Kekerasan Israel di Masjid Al Aqsa

Indonesia juga secara aktif mengeksplorasi Prakarsa Pembangunan Global (GDI) dan memperkuat pembangunan komunitas untuk masa depan.

Dalam kunjungannya ke China, Luhut juga diterima Wakil Presiden Han Zheng dan sempat menemui Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC) Zheng Shanjie.

HDCM merupakan kesepakatan yang ditandatangani bersama antara Wang Yi yang saat itu menjabat Dewan Pemerintahan sekaligus Menlu China dan Luhut pada 5 Juni 2021.

Hingga saat ini HDCM Indonesia – China itu sudah digelar untuk yang ketiga kalinya.

Sumber : ANTARA News

Baca Juga

Uncategorized

Sukses dakwah ke PJMI, Komitmen Dirikan Dreams Academy dengan GAZA

Fact

Syirik Zaman Modern EMOJI

Uncategorized

Nama Penuh Nabi Dan Muhammad Qasim

Uncategorized

Rusia Sangat Prihatin atas Kekerasan Israel di Masjid Al Aqsa

Uncategorized

Perampokan Bank di Lampung, Tembak 3 Orang

Uncategorized

Ketum DDII Diduga Hapus Postingan Soal Muhammad Qasim Di Kolom Komen, Tetap Tak Mau Dialog?

Ekonomi

Krisis Ekonomi Sri Lanka Sesuai dengan Mimpi Muhammad Qasim

Uncategorized

Mimpi Muhammad Qasim : Krisis Kian Dekat Dan Penguasa Yang Hanya Pikirkan Dirinya Sendiri