Translate :

Home / Uncategorized

Rabu, 5 April 2023 - 22:44 WIB

HDCM Ketiga China-Indonesia bicarakan perluasan kerja sama strategis

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) bersama Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) Zheng Shanjie (kanan).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) bersama Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) Zheng Shanjie (kanan).

BEIJING – Pertemuan Ketiga High-level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) yang digelar Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Partai Komunis China Wang Yi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan di Beijing, Selasa (4/3), membahasa perluasan kerja sama strategis kedua negara.

China siap memperdalam lebih lanjut kerja sama dengan Indonesia yang meliputi bidang politik, ekonomi, budaya, kemaritiman, dan saling mendukung pembangunan di kedua negara demi terciptanya kemakmuran regional, demikian pernyataan Wang sebagaimana dirilis Kementerian Luar Negeri China (MFA), Rabu.

Dalam menandai 10 tahun Prakarsa Sabuk Jalan (BRI), Wang menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama yang digagas Presiden China Xi Jinping pada 2013 itu hingga level lebih lanjut.

Baca Juga:  Millenial Lampung Di Jakarta Dan Petani Cepu Rasakan Krisis Pangan Seperti Disampaikan Mimpi Muhammad Qasim

Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) itu juga menyerukan kedua negara memperkuat kerja sama di bidang keuangan, ekonomi hijau, ketahanan pangan, perdagangan dan investasi.

“China dan Indonesia seharusnya juga meningkatkan kerja sama pertahanan, penegakan hukum, pertukaran antar-masyarakat, dan memperdalam rasa saling percaya,” ujar Wang.

Terkait dengan Prakarsa Peradaban Global (GCI), dia menyampaikan keinginannya untuk saling mempelajari peradaban dengan Indonesia dan mendorong pemerintah, partai politik, parlemen, dan lembaga non – pemerintah di kedua negara untuk berperan positif dan mengintensifkan diskusi antar-peradaban masyarakat.

Sementara itu, Menko Luhut menganggap China sebagai mitra strategis dan Indonesia ingin bersama China membangun Jalur Sutera Maritim dengan kualitas yang lebih bagus.

Baca Juga:  Meeting Ketua Gaza dengan Praktisi Bisnis di Pakistan

Indonesia juga secara aktif mengeksplorasi Prakarsa Pembangunan Global (GDI) dan memperkuat pembangunan komunitas untuk masa depan.

Dalam kunjungannya ke China, Luhut juga diterima Wakil Presiden Han Zheng dan sempat menemui Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC) Zheng Shanjie.

HDCM merupakan kesepakatan yang ditandatangani bersama antara Wang Yi yang saat itu menjabat Dewan Pemerintahan sekaligus Menlu China dan Luhut pada 5 Juni 2021.

Hingga saat ini HDCM Indonesia – China itu sudah digelar untuk yang ketiga kalinya.

Sumber : ANTARA News

Baca Juga

Uncategorized

AS menjatuhkan sanksi terhadap entitas yang berbasis di Turki karena membantu upaya perang Rusia

Daily Gaza

Dakwah Mimpi Muhammad Qasim di Dua Masjid Besar Malaysia

Uncategorized

Mengenal Al Mahdi Adalah Orang Yang Jujur

Uncategorized

Kecerdasan Arab Badui dan Mimpi Muhammad Qasim

Uncategorized

Sesuai Mimpi Muhammad Qasim Tewasnya Presiden Iran Pertanda Perang Dunia -3.

Uncategorized

Muhammad Qasim Memenuhi Lima Syarat Mujaddid

Uncategorized

Al Mubashirot Akhir Zaman

Uncategorized

Mereka Meminta Kebaikan Namun Tidak Diberi